--> بِسْــــــــــــــــمِاﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Selasa, 16 September 2014

safety in adventure

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Simple, praktis, ringan dan mudah di packing kedalam tas ransel/carrier tentunya penting untuk diperhatikan ketika ada kegiatan di alam bebas, baik itu naik gunung, camping, atau kegiatan-kegiatan outdoor lainnya. Mulai dari perlengkapan dan peralatan tidur (tenda/plesit, matras/jaring tidurhammock”, sleeping bag, dll) , jalan (senter/penerang, sepatu, celana n kaos lapangan, tali weebing, dll), konsumsi (peralatan masak dan logistic), dokumentasi, buku dan pena untuk catatan perjalanan (jikalau diperlukan) juga yang lainnya.
Simple, praktis, ringan dan mudah di packing kedalam tas ransel/carrier menjadikan domain yang penting untuk melakukan kegiatan alam bebas, dilain ringkas juga ringan pastinya akan memudahkan kenyamanan serta memberikan juga keamanan dalam kegiatan alam bebas.
Sebagai pengalaman yang saya dapatkan, memperhitungkan perlengkapan dan perbekalan sangatlah penting, beberapa diantara orang nyasar atau hilang di dalam petualangan alam bebas karena tidak memperhitungkan matang-matang sebelum melaksakan petualangan alam bebas, diantaranya pemahaman dasar kepecinta alaman (perbekalan dan pembekalan). Pernah saya sendiri dapatkan yang menurut saya pribadi  ironis, “seorang guru pembimbing sispala (siswa pecinta alam) disalah satu sekolah negeri di Yogyakarta mengabaikan persiapan perlengkapan dan perbekalan. guru tersebut bersama ke tiga murid didikannya terkena hujan diperjalanan dan selanjutnya terkena hypothermia di puncak gunung lawu karena tidak membawa tenda juga perlengkapan lainnya yang memadai ”.
Walaupun pada dasarnya setiap individu satu dengan individu lainnya memiliki cara pandang dan kebutuhannya masing-masing, akan tetapi alangkah baiknya terstandarisasi dengan baik, minimum ada ring-ring tertentu yang selayaknya diperhatikan dengan baik, kalau untuk standarasisasi yang diterapkan didalam organisasi kepecinta alaman saya MAPALA “MUSHROOM” FITB UTY, standar minimum  pribadi (untuk laki-laki tas carrier min 80 liter, matras, sleeping bag (SB), senter, jaket, celana n baju lapangan, sepatu, pakaian ganti, air min 5 liter, konsumsi pribadi…. Untuk wanita berbeda pada tas carrier min 60 liter dan air min 3 liter). Sedangkan untuk team; tenda, peralatan masak n konsumsi team, PPPK, tali weebing.
Selanjutnya, cadangan juga perlu diperhatikan terutama bolam senter / baterai dan konsumsi. Dari pengalaman saya sendiri awal-awal suka petualangan alam bebas (naik gunung), itulah yang sering kali tidak kepikiran. misal untuk konsumsi; rencana naik gunung 2 hari, tapi dalam 2 hari tersebut tidak bisa turun karena badai, tanah longsor, kebakaran hutan, atau yang laiinya, yang menjadikan jadwal perjalanan meleset menjadi 3 hari atau lebih… perlu digaris bawahi “ALAM TIDAK PERNAH BISA DIPREDIKSIKAN SECARA PASTI” nah disinilah pentingnya cadangan. Jadi untuk memperhitungkan konsumsi perjalanan baiknya di tambah minimal kebutuhan konsumsi sehari selanjutnya.
Selain perlengkapan dan perbekalan tadi diatas, cara packing yang benar juga perlu diperhatikan, misalnya; perlengkapan tidur di taruh di paling bawah, selanjutnya pakaian-pakaian ganti, konsumsi pribadi, air, perlengkapan jalan dan PPPK., air yang biasanya paling berat di bebankan di punggung, menjadikan beban serasa lebih ringan dan enak dalam perjalanan. Untuk melindungi agar air tidak tumpah atau air hujan, sebelum memasukkan matras kedalam tas carrier, matras digulung dan dilindungi dengan plastic besar (biasanya saya juga anak-anak memakai plastic sampah) baru kemudian di masukkan ke dalam tas carrier.  Nah untuk melindungi yang didalam, baiknya di masukkan kedalam plastic lagi, ini fungsinya untuk back up seandainya tembus, atau air yang didalam carrier tumpah biarpun sudah dikasih plastic.
Okelah….. sekian dulu catatan kali ini.. bila ada tambahan kritik atau saran saya sangat terbuka….
Semoga menjadikan manfaat, buat kita semua
SALAM RIMBA, SALAM LESTARI


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّٱلْعَٰلَمِين

Tidak ada komentar: