Pada saatr ini semakin krusial bagi
perusahaan untuk memiliki penyampaian pesan iklan yang efektif. Tujuan dari
iklan sebuah kampanye iklan adalah untuk membawa rekanan, pembeli, pengguna dan
calon pelanggan untuk menjadi pelanggan baru kepada perusahaan.
Menurut O’Guinn dkk. (2008),
terdapat 10 prinsip iklan yang efektif.
1.
BUATLAH
KHALAYAK TERTARIK (GRAB PEOPLE)
Sebuah iklan
yang baik harus mampu membuat khalayak tertarik dengan segera. Tujuan iklan perusahaan adalah untuk membuka
kemungkinan sebanyak mungkin dengan iklan yang menarik (eye – catching) dalam
ruang dan waktu yang terbatas. Pada hakikatnya semakin spesifik iklan akan
semakin baik mengakomodasi pelanggan potensial.
2.
JADILAH
CERDAS DAN KREATIF (BE CLEVER AND CREATIVE)
Sangat penting
bagi kita untuk menjadi cerdas dan kreatif dalam sebuah kampanye iklan. Perusahaan
yang baik harus memikirkan hal ini dan secara ekstrem membuat iklan kreatif,
karena iklan yang baik mencerminkan perusahaan yang cerdas.
3.
BERBICARALAH
DENGAN LANTANG (SPEAK LODLY)
Semakin lantang
kita berbicara, semakin banyak orang yang mendengarkannya. Hal tersebut dapat
dicapai dengan berbagai cara, diantaranya; dengan meningkatkan intensitas
frekuensi iklan, ukuran, besar, warna, dan latar belakang iklan, keunikan
dibandingkan dengan iklan lainnya, dan sebagainya.
4. JANGAN
MEMBUAT MEREKA BERFIKIR (TERLALU BANYAK)
- DON’T MAKE THEM THINK (TOO MUCH)
Salah satu
panduan umum, khususnya web jangan membuat orang berfikir terlalu banyak dengan
membuat cara yang tepat. Penyederhanaan isi pesan penting agar orang mengetahui
bahwa iklan sudah memberikan gambaran utuh dalam otak konsumen ketika mereka
melihatnya.
5.
WARNA YANG
MENARIK TETAP TETAP MASUK AKAL (COLORS THAT POP BUT MAKE SENSE)
Pilihan warna
sangatlah penting sebagai aspek periklanan. Warna harus mewakili lingkungan di
mana iklan berada. Jika kita ingin membuat ilustrasi mereknya “menyenangkan”,
menggunakan berbagai warna cerah bisa jadi pilihan. Jika iklannya lebih serius,
penggunaan skema warna yang digunakan biasanya lebih sederhana.
6.
INFORMATIVE
(BE INFORMATIVE)
Iklan harus
menyatakan pesan, dan merupakan visualisasi pesan yang disampaikan untuk
menarik khalayak.
7. BUATLAH
AGAR MENONJOL DAN MUDAH DIINGAT (STAND OUT AND BE MEMORABLE)
Menjadi unik
dan mudah diingat adalah dua komponen dari iklan yang baik. Iklan komersial
hrus unik dan secara keseluruhan berbeda dari iklan yang lain, dengan tetap
menjaga prinsip keaslian kreasi
(orisinal).
8.
BERIKAN
CITA RASA (GIVE OFF A FEELING)
Setiap perusahaan
dan merek memiliki perasaan atau nada. Melalui iklan orang-orang akan diarahkan
untuk dapat memahami cita rasa yang dimiliki perushaan hanya dengan melihat
iklan tersebut.
9.
TUNJUKKAN,
BUKAN BERCERITA (SHOW, NO CELL)
Salah ssatu
cirri iklan yang baik adalah dengan memvisualisasikannya dari konsep yang ada
pada teks.
10.
GUNAKAN
HUMOR PENGANDAIAN (USE HUMOR; USE A METAPHOR)
Humor,
pengandaian /metafora merupakan teknik yang berguna untuk menarik orang
terhadap suatu iklan.
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّٱلْعَٰلَمِين