--> بِسْــــــــــــــــمِاﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Selasa, 14 Januari 2014

PRINSIP-PRINSIP EFEKTIFITAS IKLAN

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Pada saatr ini semakin krusial bagi perusahaan untuk memiliki penyampaian pesan iklan yang efektif. Tujuan dari iklan sebuah kampanye iklan adalah untuk membawa rekanan, pembeli, pengguna dan calon pelanggan untuk menjadi pelanggan baru kepada perusahaan.
Menurut O’Guinn dkk. (2008), terdapat 10 prinsip iklan yang efektif.

1.         BUATLAH KHALAYAK TERTARIK (GRAB PEOPLE)
Sebuah iklan yang baik harus mampu membuat khalayak tertarik dengan segera.  Tujuan iklan perusahaan adalah untuk membuka kemungkinan sebanyak mungkin dengan iklan yang menarik (eye – catching) dalam ruang dan waktu yang terbatas. Pada hakikatnya semakin spesifik iklan akan semakin baik mengakomodasi pelanggan potensial.

2.         JADILAH CERDAS DAN KREATIF (BE CLEVER AND CREATIVE)
Sangat penting bagi kita untuk menjadi cerdas dan kreatif dalam sebuah kampanye iklan. Perusahaan yang baik harus memikirkan hal ini dan secara ekstrem membuat iklan kreatif, karena iklan yang baik mencerminkan perusahaan yang cerdas.

3.         BERBICARALAH DENGAN LANTANG (SPEAK LODLY)
Semakin lantang kita berbicara, semakin banyak orang yang mendengarkannya. Hal tersebut dapat dicapai dengan berbagai cara, diantaranya; dengan meningkatkan intensitas frekuensi iklan, ukuran, besar, warna, dan latar belakang iklan, keunikan dibandingkan dengan iklan lainnya, dan sebagainya.

4.   JANGAN MEMBUAT MEREKA BERFIKIR (TERLALU BANYAK)  - DON’T MAKE THEM THINK (TOO MUCH)
Salah satu panduan umum, khususnya web jangan membuat orang berfikir terlalu banyak dengan membuat cara yang tepat. Penyederhanaan isi pesan penting agar orang mengetahui bahwa iklan sudah memberikan gambaran utuh dalam otak konsumen ketika mereka melihatnya.

5.     WARNA YANG MENARIK TETAP TETAP MASUK AKAL (COLORS THAT POP BUT MAKE SENSE)
Pilihan warna sangatlah penting sebagai aspek periklanan. Warna harus mewakili lingkungan di mana iklan berada. Jika kita ingin membuat ilustrasi mereknya “menyenangkan”, menggunakan berbagai warna cerah bisa jadi pilihan. Jika iklannya lebih serius, penggunaan skema warna yang digunakan biasanya lebih sederhana.

6.         INFORMATIVE (BE INFORMATIVE)
Iklan harus menyatakan pesan, dan merupakan visualisasi pesan yang disampaikan untuk menarik khalayak.

7.  BUATLAH AGAR MENONJOL DAN MUDAH DIINGAT (STAND OUT AND BE MEMORABLE)
Menjadi unik dan mudah diingat adalah dua komponen dari iklan yang baik. Iklan komersial hrus unik dan secara keseluruhan berbeda dari iklan yang lain, dengan tetap menjaga prinsip keaslian  kreasi (orisinal).

8.         BERIKAN CITA RASA (GIVE OFF A FEELING)
Setiap perusahaan dan merek memiliki perasaan atau nada. Melalui iklan orang-orang akan diarahkan untuk dapat memahami cita rasa yang dimiliki perushaan hanya dengan melihat iklan tersebut.

9.         TUNJUKKAN, BUKAN BERCERITA (SHOW, NO CELL)
Salah ssatu cirri iklan yang baik adalah dengan memvisualisasikannya dari konsep yang ada pada teks.

10.     GUNAKAN HUMOR PENGANDAIAN (USE HUMOR; USE A METAPHOR)
Humor, pengandaian /metafora merupakan teknik yang berguna untuk menarik orang terhadap suatu iklan.






ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّٱلْعَٰلَمِين