--> بِسْــــــــــــــــمِاﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Selasa, 21 Januari 2014

CONTOH KASUS KASUS ETIKA DAN LINGKUNGAN

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Pada tanggal 20 April 2010, telah terjadi kasus yang selalu menjadi resah dunia, yaitu bocornya Minyak di teluk Meksiko yang di sebabkan meledaknya anjungan lepas pantai yang di miliki BP ( British Petrolem ).
Presiden AS Barack Obama tidak berdiam diri dengan adanya kasus yang di angggap besar ini, dia ikut turun tangan langsung untuk menekan BP, karena tindakannya sempat menyebabkan ketegangan antara AS dan Inggris ( selain karena menyandang nama besar Britsh, BP juga merupakan salah satu perusahaan kebanggaan inggris ).
Insiden tersebut bisa saja dijadikan sebagai kecelakaan, akan tetapi ada salah satu yang menjadi oknum atas semua ini, dan atas dasar kesengajaan bukan kelalaian. Karena kejadian seperti ini baru pertama kali ini yang bisa di anggap paling besar di antara 10 tahun terakhir ini. Banyak kejadian yang telah di lakukan oleh BP sebagai pelanggaran etika bisnis, beberapa waktu lalu sebelum terjadi ledakan, , beberapa karyawan BP sempat meminta penggantian salah satu suku cadang yang bermasalah, namun ditolak oleh BP. Di samping itu, dalam sepuluh tahun terakhir, BP kedapatan melakukan 750 pelanggaran (97% dari seluruh pelanggaran yang dilakukan semua perusahaan sejenis!).
Saran
a.          Mengganti atau bertanggung jawab atas terjadinya kecelakaan tersebut. Membersihkan semua minyak yang telah tumpah di Teluk Meksiko tersebut hingga semuanya benar-benar hilang atau kembali seperti semula.
b.         Menaikan penjagaan yang ketat atau pemeriksaan terhadap kapal, sebelum di berangkatkan. Karena kalau emang kasus di atas masuk kepada kriteria kelalaian, maka hal yang perlu di tingkatkan adalah meningkatkan pemeriksaan.
c.          Memberikan kepercayaan penuh kepada pemegang saham atau kepada publik umumnya untuk memberikan jaminan atas kecelakaan tersebut. Karena kasus di atas telah mengakibatkan menurunnya nilai saham perusahaan yang tajam dan reputasi BP yang ternoda.
d.         Peran pemerintah juga tidak lupa untuk selalu memberikan pengawasan bagi setiap perusahaan yang tidak sesuai dengan etika. Karena peran pemerintah sangat penting sebagai media pengendalian semua tindakan perusahaan yang tidak fair.


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّٱلْعَٰلَمِين