--> بِسْــــــــــــــــمِاﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Minggu, 22 Desember 2013

pengertian pemasaran

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

        A.            PEMASARAN
Adalah sekompok aktifitas yang saling berkaitan yang dirancang untuk mengidentifikasi kebutuhn konsumen dan mengembangkan distribusi promosi dan penetapan harga, serta pelayanan untuk memuaskan kebutuhan konsumen pada tingkat keuntungan tertentu.
Konsep pemasaran
·           Kebutuhan (needs)
·           Keinginan
·           Permintaan
·           Produk
·           Nilai
·           Pertukaran
·           Transaksi
·           Hubungan relasi
·           Pasar
Ø  Peran Pemasaran Dalam Masyarakat.
Pemasaran dapat menambah nilai (utility) terhadap suatu produk.
·      Utilitas bentuk
Manfaat yang dirasakan konsumen karena perubahan bentuk produk
·      Utiitas tempat
Manfaat yang dirasakan konsumen karena dapat menikmati produk ditempat yang diinginkan.
·      Utilitas waktu
Manfaat yang dirasakan konsumen karena dapat menikmati produk pada saat yang dibutuhkan
·      Utilitas kepemilikan
Pemasaran membantu perpindahan kepemilikan suatu produk.
         B.            KONSEP PEMASARAN
Ø  Konsep produksi
Konsep/orientasi produksi menekankan bahwa kegiatan produksi harus diutamakan dan dilakukan sebanayk-banyaknya untuk memenuhi permintaan.
Ø  Konsep produk
Hasil produk lebih ditekankan dengan kualitas yang terbaik diantara pesaing dn senantiasa meningkatkan kualitas produk.
Ø  Konsep penjualan
Usaha promosi oleh perusahaan dan melakukan penjualan yag efektif untuk mencapai penjualan sebanyak-banyakya.
Ø  Konsep pemasaran
Konsep pemasaran menjadikan perusahaan lebih efektif dibandingkan pesaing dalam mengidentifikasi kegiatan pemasaran dan keinginan pasar sasaran dan dalam kurun waktu yang lama ( untuk jangka panjang )
Filosofi konsep pemasaran
o    Focus pasar
Penyesuaian program-program pemasaran dengan pasar sarsaran yang dituju.
o    Orientasi dan kepuasan konsumen
Kebutuhan dan keinginan konsumen harus dapat terpuaskan melalui proses pertukaran.
o    Pemasaran yang terkoordinasi
Pemasaran harus terkoordinasi diantara semua bagian dalam perusahaan agar mereka memiliki sikap dan tindakan yang sama.
o    Orientasi laba
Selain untuk meningkatkan volume penjualan, juga ditujukan untuk mendapatkan keuntungan yang layak agar perusahaan dapat berkembang.
Ø  Konsep pemasaran social.
Penekanan dalam pemahaman dan keinginan pasar sasaran dan memenuhi kepuasan konsumen lebih efektif dan efisien disbanding pesaing dalam rangka mencapai kesejahteraan social konsumen…………… cenderung mengarah kepada lingkungan (alam).
         C.            FUNGSI PEMASARAN
Ø  Fungsi pertukaran.
Aktifitas untuk menyampaikan produk pada konsumen yang dimaksud.
Ø  Fungsi distribusi
Aktifitas yang meliputi mengangkutan, dan penyimpanan.
Ø  Fungsi perantara
Merupakan aktifitas yang menghubungkn pelaksanaan fungsi pertukaran dengan fungsi distribusi pada perusahaan.
        D.            PROSES PEMASARAN
Ø  Perencanaan dan pengembangan strategi pemasaran.
Strategi pemasaran
Merupakan rencana untuk memilih dan menganalisis target pasar, mengembangkan, dan memelihara bauran pemasaran yang dapat memuaskan kebutuhan konsumen.
Proses pemasaran oleh Philip Kotler.
o    Menganalisis kesempata pasar.
o    Mengembangkan strategi pemasaran, berorientasi pasar.
o    Perencanaan taktik/program pemasaran dengan marketing mix/bauran pemasaran
o    Mengorganisasi, implementasi, mengawasi upaya-upaya pemasaran.
Pasar
Merupakan sekumpulan orang-orang yang memiliki kebutuhan dan daya beli serta kemauan membelanjakan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing.
Berdsar jenis konsumen dan pengguna produknya, pasar dapat dibedakan mjd:
o    Pasar konsumen
Terdiri dari individu atau kelompok yang membeli produk untuk digunakan sendiri (barang konsumsi)
o    Produk industry
Terdiri dari individu atau kelompok yang membeli produk untuk diproses kembali.
Ø  Sekmentasi pasar.
Merupakan pembagian pasar sasaran kedalam karakteristik dan kebutuhan produk yang sama (secara homogeny)
Manfaat segmentasi pasar.
o  Produsen dapat merancang produk yang respensif/sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pasar.
o  Perusahaan dapat menentukan strategi komunikasi dua  yang efektif dengan pelanggan.
o  Produsen dapat mengevaluasi posisi perusahaan terhadap pesaing dipasar, sehingga dapat memilih kesempatan pemasaran
o  Memberikan pandangan tentang strategi pemasaran yang ada saat ini.
Langkah-langkah dalam segmentasi pasar.
o  Mengidentifikasi karakteristik dan kebutuhan pasar
§  Sekmentasi demografi
Membagi pasar kedalam beberapa kelompok berdasar karakteristik : usia, pendidikan, jenis kelamin, penghasilan, dan jumlah tanggungan keluarganya.
§  Segmentasi pasar geografi
Mengidentifikasi tempat atau wilayah dimana pasar berada, misalnya besarnya wilayah, iklim, kepadatan penduduk, atau kondisi fisik pasar.
§  Segmentasi psikografi.
Segmentasi pasar bedasarkan gaya hidup dan kepribadian konsumen, selera, minat, atau opini.
§  Segmentasi manfaat
Pembagian pasar yang lebih memfokuskan pada manfaat yang diharapkan daru suatu produk dari pada karakteristik konsumennya itu sendiri. Merupakan jenis produk dengan tujuan yang berbeda untuk konsumen yang berbeda pula.


Ø  Penetapan target pasar
Merupakan tindakan memilih satu atau lebih segmen pasar untuk dimasuki. Dengan mempertimbangkan daya tarik masing-masing.
Ø  Penetapan posisi pasar.
Merupakan proses penetapan posisi pasar yang menungkinkan bagi masing-masing segmen sasaran dan kemudian memilih, mengembangkan, serta mengkomunikasikan konsep penetapan posisi yang dipilih.
         E.            BAURAN PEMASARAN
Merupakan kombinasi dari variable atau kegiatan yang merupakan inti dari system pemasaran.
Bauran pemasaran
a.     Produk (produck)
b.     Harga (price)
c.     Promosi (promotion)
d.     Distribusi (place)

 
Variable pemasaran (marketing mix/bauran pemasaran)
                                A.          Produk (produck)
                                B.          Harga (price)
                                C.          Promosi (promotion)
                                D.          Distribusi (place)

Ø  Lingkungan pemasaran
o    Mikro
Meliputi unsur-unsur perusahaan itu sendiri (pemasok, perantara/distributor, pelanggan, pesaing, dan public.
o    Makro
Meliputi unsur-unsur diluar perusahaan itu (demografi, ekonomi, lingkungan alam, teknologi, politik/peraturan, social budaya)
§   Demografi
Tingkat populasi, usia harapan hidup, pendidikan, pendapatan.
§   Ekonomi
Poendapatan nasional, poendapatan perkapita, tingkat inflasi, pesaing, proteksi dan subsidi, anggaran pemerintah, dan lain sebagainya.
§   Lingkungan alam
Keterbatasan sumber daya alam, (biaya energy, proteksi lingkungan)
§   Teknologi
Perubahan teknologi, kesempatan inovasi, anggaran riset. Dll
§   Politik dan peraturan
Hukum, undang-undang, peraturan pemerintah
§   Social
Nilai dan norma masyarakat, sikap, keyakinan, pandangan hidup, psikologis.
         F.            SYSTEM INFORMASI PEMASARAN
System yang dibuat untuk mendapatkan informasi tentang pelanggan, pesaing, maupun pemasok dengan memberdayakan sumberdaya yang ada untuk menyeleksi, menganalisis, mengevaluasi, dan mendistribusikan informasi secara cepat dan akurat untuk keputusan pemasaran.
Ø  System pencatatan internal
Merupakan system untuk mendapatkan informasi dari dalam perusahaan untuk mengevaluasi kinerja pemasaran dan mendeteksi masalah maupun kesempatan pemasaran.
Laporan yang bituhkan al:
§   Pencatatan keuangan yang meliputi penjualan, pemesanan, biaya, dan arus kas.
§   Laporan produksi yang meliputi jadwal produksi, persediaan, dan pengangkutan
§   Laporan pendukung penjualan (aktifitas pesaing)
Ø  System intelejen pemasaran
Merupakan seperangkat sumber dan prosedur yang digunakan manajer untuk mendapatkan informasi setiap hari yang berhungan dengan perkembangan lingkungan pemasaran.
Langkah-langkah penerapan intelejen pemasaran.
o    Memberdayakan tenaga penjual agar mereka bersedia melaporkan segala perkembanga yang terjadi.
o    Perusahaan mengajak para distributor, pengecer, dan penyalur lainnya agar menyampaikan penting keperusahaan.
o    Perusahaan dapat membeli informasi dari luar.
o    Membentuk pusat informasi pemasaran untuk menghimpun diri mengedarkan informasi tersebut.
Ø  Penelitian pemasaran.
Proses penelitian pemasaran
o    Penetapan masalah dan tujuan poenelitian.
o    Mengembangkan rencana penelitian.
o    Mengumpulkan informasi.
o    Menganalisis informasi.
o    Melaporkan dan menyajikan penemuan.
        G.            PERILAKU KONSUMEN
Merupakan kegatan seorang dalam membeli dan menggunakan produk barang/jasa.
Keputusan pembelian sangat dipengaruhi oleh factor budaya, kepribadian, social, dan psikologis.
Ø  Factor budaya
Keputusan pembelian berdasarkan nilai-nilai dasar, persepsi, preferensi, dan perilaku konsumen.
Ø  Factor social
Keputusan pembelian berdasar faktor social, factor referensi, keluarga, status, dan peranan social dalam masyarakat.
Ø  Fakro kepribadian
Keputusan pembelian berdasar kepribadian/gaya hidup yang merupakan pola hidup seseorang sehari-hari yang dinyatakan dalam kegiatan, minat, dan opini.
Ø  Faktor psikologis
Keputusan pembelian berdasar motivasi, persepsi, pembelajaran, serta keyakinan, serta sikap.


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّٱلْعَٰلَمِين

Tidak ada komentar: