A
PEREKONOMIAN
a.
Perekonomian lama
Berdasarkan pembuatan produk yang standar untuk
menurunkan biaya dengan tujuan jangka panjang untuk memperluas ukuran pasar,
guna mencapai skala ekonomi (skala produksi yang paling rendah), dengan sasaran
utamanya efisiensi.
b.
Perekonomian baru
Perekonomian baru dilandaskan pada revolusi
digital dan manajemen informasi . ia
dapat dibuat tampak beda, tanpa batas disesuaikan dengan kebutuhan, dan dibuat
pribadi, ia dapat disampaikan kepada banyak orang yang berada dalam jaringan
internet yang dapat memungkinkan siapapun akan mendapatkan informasi yang lebih
baik dan mampu malakukan pemilihan yang lebih baik.
Tiga
tahap yang mungkin dilewati oleh praktek pemasaran
a.
Pemasaran
entrepreneurial
Pemasaran dengan memvisualisasikan suatu
peluang dan pengetuk setiap pintu untuk mendapatkan perhatian.
b.
Pemasaran
yang terumuskan
Anggapan perusahaan tentang keberhasilan berdasarkan pembentukan
dan pengelolaan departemen pemasaran yang berkemampuan.
c.
Pemasaran
entrepreneurial
Pemasaran dengan menfisualisasikan cara-cara
baru/strategi baru guna kmemuali hidup dengan pelanggan untuk menambahkan nilai
kekehidupan pelanggan.
B
LINGKUP PEMASARAN
Informasi; gagasan; barang; jasa; pengalaman;
event; orang; tempo; property; organisasi.
Umumnya dipandang sebagai tugas untuk
menciptakan, memperkenalkan dan menyerahkan barang dan jasa kepada perusahaan
lain dan konsumen.
Status
permintaan
a.
Permintaan negative
Jika sebagian besar pasar tidak menyukai
produk tertentu dan bahkan bisa membayar untuk mencegahnya.
b.
Tidak ada permintaan
Konsumen sasaran tidak berminat terhadap
produk tertentu
c.
Permintaan laten
Konsumen yang memiliki kebutuhan yang kuat
yang tidak dapat dipuaskan dengan produk yang sudah ada.
d.
Permintaan merosot
Kemerosotan permintaan atas satu atau lebih
produknya.
e.
Permintaan ireguler
Organisasi menghadapi permintaan berfariasi
permusim, hari, atau bahkan jam, yang menyebabkan adanya masalah kapasitas yang menganggur atau yang
terlalu diperas.
f.
Permintaan penuh
Permintaan penuh ketika mereka puas dengan
volume bisnis mereka
g.
Permintaan berlebih
Permintaan lebih tinggi dari pada yang mereka
dapat/yang ingin mereka tangani.
h.
Permintaan tak sehat.
Produk-produk tak sehat akan menarik
usaha-usaha yang terorganisasi untuk mengendorkan konsumsi produk-produk
tersebut.
10
jenis entitas dalam pemasaran
a.
Barang
Barang-barang fisik merupakan bagian yang
sangat besar dari usaha produksi dan pemasaran diberbagai Negara.
b.
Jasa
Jasa mencangkup hasil kerja perusahaan
c.
Pengalaman
Dengan merangkai-rangkaikan beberapa jasa dan
barang, perusahaan dapat menciptakan, mempergunakan, dan memasarkan pengalaman.
d.
Acara khusus (event)
Para manajer mempromosikan acara-acara khusus
yang terkait dengan waktu bersejarah.
e.
Orang
Pemasaran selebriti telah menjadi bisnis
penting. Seseorang yang mencari popularitas akan menyewa agen pers untuk memuat
riwayatnya disurat kabar dan majalah, atau seorang artis memiliki manajer
sendiri untuk memasarkan.
f.
Tempat.
Tempat, kota, Negara bagian, wilayah, dan
bangsa, keseluruhan bersaing secara efektif untuk menarik turis, pabrik, kantor
pusat pemasaran, maupun produk baru.
g.
Property
Ialah hak kepemilikan tak berwujud, baik itu
berupa benda nyata (real estate) maupun financial (saham dan obligasi)
h.
Organisasi
Organisasi secara aktif bekerja untuk
membangun citra yang kuat dan menyenangkan dalam pikiran masyarakat sasaran
mereka.
i.
Informasi
Informasi dapat diproduksi dan dipasarkan
sebagai produk. Pada dasarnya informasi dan didistribusikan oleh sekolah dan
universitas dengan harga tertentu kepada orang tua, mahasiswa, dan masyarakat.
j.
Gagasan/manfaat.
Setiap tawaran pasar (market offering)
memiliki gagasan dasar.
Keputusan
yang diambil pemasar
a
Pasar konsumen
Perusahaan-perusahaan yang menjual barang dan
jasa konsumen missal.
b
Pasar bisnis
Perusahaan-perusahaan yang menjual barang dan
jasa untuk keperluan bisnis menghadapi para pembeli professional yang terlatih
dan terinformasi dengan baik dan terampil dalam manilai tawaran yang bersaing.
c
Pasar global
Perusahaan yang menjual barang dipasar global
menghadapi keputusandan tantangan tambahan.
d
Pasar nirlaba dan pemerintah
Perusahaan yang menjual barang kepada
organisasi nirlaba dan institusi pemerintah yang memiliki daya beli terbatas.
C
KONSEP DAN ALAT PEMASARAN
Mendefinisikan
pemasaran
a.
Menurut devinisi social
Merupakan sebuah proses social yang dengan
proses individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan
dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa
yang bernilai dengan pihak lain.
b.
Menurut asosiasi pemasaran amerika
Pemasaran merupakan proses perencanaan dan
pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, dan penyaluran gagasan, barang
dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran individu
dan organisasi.
Konsep
pemasaran inti
a)
Pasar sasaran dan segmentasi
a.
Segmen pasar
Merupakan
pembagian pasar sasaran kedalam karakteristik dan kebutuhan produk yang sama,
dengan melihat perbedaan demografis dan psikografis, dan perilaku konsumen.,
sedangkan
b.
Pasar sasaran
Merupakan
hasil keputusan sekmentasi pasar yang dituju yang memperlihatkan peluang paling
besar.
b)
Tempat pasar, ruang pasar, dan metamarket
a.
Tempat pasar
Tempat
berupa fisik sebuah pasar ( belanja langsung ketoko)
b.
Ruang
pasar
tempat
berupa elektronik (digital)
c.
Metamarket
Sekelompok
produk dan jasa komplementer yang menurut pikiran konsumen dianggap sebagai
erat berhubungan, tetapi sumbernya
menyebar melintasi serangkaian industry yang berbeda-beda (metamarket mobil
terdiri dari sejumlah perusahaan pabrikan mobil, dealer mobil baru, dealer
mobil bekas, perusahaan pendanaan, perusahaan asuransi, ahli mekanik, dealer
suku cadang, bengkel reparasi, majalah mobik, rublik iklan mobil disurat kabar,
dan situs mobil di internet)
c)
Pemasar dan calon pelanggan
Pemasar Seorang yang mencari tanggapan (perhatian, pembelian, pemberian suara,
sumbangan) dari pihak lain yang disebut
pelanggan.
d)
Kebutuhan, keinginan, dan permintaan
a.
Kebutuhan
Merupakan
tuntutan dasar manusia (makanan, air, udara, pakaian, dan tempat berlindung)
untuk bisa bertahan hidup.
b.
Keinginan
Merupakan
pengalihan dari tuntutan dasar manusia ke object tertentu yang mungkin untuk
memenuhi kebutuhan tertentu.
c.
Permintaan
Merupakan
sebuah keinginan akan produk tertentu yang didukung oleh kemampuan untuk
membelinya.
e)
Produk, tawaran, dan merek
a.
Produk
Merupakan
serangkaian manfaat yang ditawarkan kepada para pelanggan guna menuaskan
keutuhan mereka.
b.
Tawaran
Merupakan
nilai yang tak berwujud dibuat menjadi
sesuatu yang bersifat fisik yang berupa gabungan produk, jasa, infromasi, dan
pengalaman.
c.
Merek
Tawaran
dari suatu sumber yang sudah terkenal.
f)
Nilai dan kepuasan.
Nilai
Merupakan
kombinasi mutu, jasa, dan harga (QSP; quality, service, price)
g)
Pertukaran dan transaksi
a.
Pertukaran
Proses
mendapatkan produk yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai
imbalannya.
b.
Transaksi
Merupakan
perdagangan nilai antara dua atau lebih pihak.
h)
Relasional dan jaringan kerja
Relasional memiliki tujuan membentuk pemasaran dalam
hubungan jangka panjang yang saling memuaskan dengan pihak-pihak yang penting
(pelanggan, pemasok, distributor) dalam rangka mendapatkan dan mempertahankan
bisnis dari mereka.
Jaringan
kerja pemasaran terdiri dari
perusahaan dan pemercaya (stakeholder) pendukung (pelanggan, karyawan, pemasok,
distributor, pengecer, agen periklanan, ilmuwan univeritas, dan lain-lain) yang
dengan mereka perusahaan membangun hubungan
bisnis timbal balik yang saling menguntungkan.
i)
Saluran pemasaran
a.
Saluran komunikasi
Digunakan
untuk memberikan dan menerima pesan dari dan ke pembeli sasaran.(media cetak,
media elektronik, pos, telephone, papan iklan, poster, pamphlet, CD, audiotape,
dll)
b.
Saluran distribusi
Untuk
memamerkan atau mengarahkan produk fisik atau jasa kepada pembeli atau
pengguna. (distributor, grosir, pengecer, dan agen)
c.
Saluran jasa
Untuk
melakukan transaksi dengan calon pembeli. (mencangkup pergudangan, perusahaan
transportasi, bank, dan perusahaan asuransi yang memudahkan bertransaksi)
j)
Rantai pasokan
Merupakan saluran yang terentang dari bahan
komponen hingga produk akhir yang disampaikan
kepada pembeli akhir.
k)
Persaingan
Merupakan tawaran dan barang pengganti yang
bersaing secara actual danpotensial yang bisa dipertimbangkan oleh pembeli.
a.
Persaingan
merek
Perusahaan
lain yang menawarkan produk dan jasa serupa dengan harga yang sama.
b.
Persaingan
industry
Perusahaan
lain yang menghasilkan produk atau jenis produk yang sama.
c.
Persaingan
bentuk
Perusahaan
lain yang membuat produk atau kelas produk yang sama.
d.
Persaingan
generic
Perusahaan
lain yang bersaing memperebutkan untuk mendapatkan uang konsumen yang sama.
l)
Lingkungan pemasaran
a.
Lingkungan
tegas
Mencangkup
para pelaku dekat yang terlibat dalam memproduksi, menyalurkan, dan
mempromosikan tawaran.
b.
Lingkungan
luas
Terdiri
dari enam komponen ; lingkungan alam, lingkungan teknologi, lingkungan hukum
politik, lingkungan social budaya, lingkungan demografis, lingkungan ekonomi.
m)
Program pemasaran
Terdiri dari sejumlah keputusan tentang
bauran alat-alat pemasaran yang digunakan.
Bauran
pemasaran (marketing mix)
a.
Produk
(produck)
produk
·
Keragaman produk
·
Kualitas
·
Design
·
Ciri
·
Nama merk
·
Kemasan
·
Ukuran
·
Pelayanan
·
Garansi
·
Imbalan
b.
Harga
(price)
harga
·
Daftar harga
·
Rabat/diskon
·
Pelanggan harg
khusus
·
Periode pembayaran
·
Syarat pembayaran
c.
Promosi
(promotion)
promosi
·
Promosi penjualan
·
Periklanan
·
Tenaga penjualan
·
Kehumasan/public
relation
·
Pemasaran langsung
d.
Distribusi
(place)
Distribusi/tempat
·
Saluran pemasaran
·
Cakupan pasar
·
Pengelompokan
·
Lokasi
·
Persediaan
·
Transportasi
D
ORIENTASI PERUSAHAAN TERHADAP PASAR
Lima konsep yang dijadikan pedoman untuk
bersaing dalam pemasaran:
·
Konsep
produksi
·
Konsep
produk
·
Konsep
penjualan
·
Konsep
pemasaran dan
·
Konsep
pemasaran social.
a.
Konsep
produksi
Konsumen
akan lebih menyukai produk yang tersedia secara luas dan murah.
b.
Konsep
produk
Konsumen
akan lebih menyukai produk-produk yang menawarkan fitur yang paling bermutu,
berkinerja, atau inovatif.
c.
Konsep
penjualan
Para
konsumen dan perusahaan bisnis, jika dibiarkan tidak akan secara teratur
membeli cukup banyak produk yang ditawarkan oleh organisasi tertentu.
d.
Konsep
pemasaran
Kunci
untuk mencapai sasaran organisasi adalah perusahaan harus menjadi lebih efektif
dibandingkan para pesaing dalam menciptakan, menyerahkan, dan mengkomunikasikan
nilai pelanggan kepada pasar sasaran yang dipilih.
i.
Pasar
sasaran
Perusahaan-perusahaan
akan berhasil secara gemilang bila mereka secara cermat memilih (sejumlah)
pasar sasarannya dan mempersiapkan program pemasaran yang dirancang khusus
untuk masing-masing pasar tertentu.
ii.
Kebutuhan
pelanggan
Lima
jenis kebutuhan
1.
Kebutuhan
yang dinyatakan (pelanggan menginginkan mobil yang tidak mahal)
2.
Kebutuhan
riil (pelanggan menginginkan mobil yang biaya operasinya, bukan harga awalnya
rendah)
3.
Kebutuhan
yang tidak dinyatakan (pelanggan mengharapkan pelayanan yang baik dari dealer)
4.
Kebutuhan
akan kesenangan (pelanggan akan senang dengan dealer yang memberikan system
navigasi secara onboard)
5.
Kebutuhan
rahasia (pelanggan ingin terlihat oleh teman-temannya sebagai konsumen yang
cerdas)
Pemasar
yang tanggap menemukan
kebutuhan yang dinyatakannya dan menemukannya.
Pemasar
yang antisipatif memandang
kedepan tentang kebutuhan yang mungkin akan dirasakan oleh pelanggan dalam
waktu yang dekat.
Pemasar
kreatif menemukan dan
membuat solusi yang tidak diminta pelanggan tetapi yang ditanggapi secara
bersemangat oleh pelanggan.
iii.
Konsep Pemasaran
terpadu
Semua
departemen dalam suatu perusahaan bekerja sama untuk melayani kepentingan
pelanggan.
iv.
Kemampuan
menghasilkan laba
Tujuan
terakhir konsep pemasaran adalah membantu organisasi mencapai tujuan organisasinya.
e.
Konsep
pemasaran masyarakat
Menentukan
kebutuhan, keinginan, dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan
yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan pesaing dengan
cara yang tetap mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan
konsumen.
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّٱلْعَٰلَمِين
Tidak ada komentar:
Posting Komentar