--> بِسْــــــــــــــــمِاﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Minggu, 22 Desember 2013

STRATEGI OPERASI DI LINGKUNGAN GLOBAL

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

PANDANGAN GLOBAL OPERASI
Alasan untuk menjadi global:
1.                  Mengurangi biaya .
2.                  Memperbaiki rantai pasokan
3.                  Menydiakan barang dan jasa yang lebih baik
4.                  Menarik pangsa pasar baru
5.                  Belajar untuk memperbaiki operasi
6.                  Mendapat dan mempertahankan bakat global

Ø    MENGURANGI BIAYA
                  Banyak perusahaan internasional mencari cara untuk mengurangi biaya dengan ekspansi ke pasar  luar negeri. Contoh:
                  Film kartun Tom and Jerry, Aladin, Donald Duck diproduksi di Manila dengan biaya produksi sekitar $130.000 sementara di Amerika Serikat biayanya sekitar $500.000.
                  Komputer IBM dirakit di Maquiladoras, Meksiko untuk mengurangi tarif pajak.
Ø    MEMPERBAIKI RANTAI PASOKAN (SUPPLY CHAIN)
                  Rantai pasokan sering kali dapat diperbaiki dengan menempatkan fasilitas di negara dimana sumber daya tersebut berada. Contoh:
                  Produksi sepatu atletik dunia berpusat di Guangzhou, Cina karena upah pekerja rendah dan kompetensi produksi dalam satu kota dgn 40.000 pekerja.
                  Memberikan Barang dan Pelayanan yang Lebih Baik
                  Dengan berada di negara tempat dipasarkannya barang, maka akan didapatkan pemahaman yang lebih baik akan budaya setempat, sehingga perusahaan dapat mengkhususkan baragn dan jasanya untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan budaya yang unik di pasar LN.
                  Menggurangi waktu tanggap untuk pergantian barang dan jasa yang diinginkan pelanggan.
Ø    MENDAPATKAN PASAR BARU
                  Operasi internasional membutuhkan pemahaman akan pasar baru untuk meningkatkan penjualan dan mampu melayani pelanggan yang beragam. Contoh:
                  Laptop di pasar Amerika berada pada tahapan “matang” tetapi di negara berkembang seperti Myanmar, Papua Nugini masih dalam tahap “perkenalan”
Ø    BELAJAR UNTUK MEMPERBAIKI OPERASI
                  Belajar tidak dapat dilakukan dalam keterasingan.
                  Ekspansi ke pasar global dapat membuat perusahaan untuk bersikap terbuka terhadap ide-ide baru. Contoh:
                  GM bekerja sama dengan Jepang
Ø    MENDAPATKAN DAN MEMPERTAHANKAN BAKAT GLOBAL
         Organisasi global dapat menarik dan mempertahankan karyawan yang baik dan menawarkan tawaran pekerjaan yang lebih banyak.
Ø    MISI ORGANISASI
         Misi ialah tujuan atau alasan adanya sebuah organisasi.
         Pernyataan misi menghasilkan batasan, fokus organisasi dan konsep untuk menjalankan organisasi.
         Misi setiap fungsi dibuat untuk mendukung misi perusahaan secara keseluruahn.

Contoh Misi Perusahaan
Untuk dapat menghasilkan dan melayani bisnis komunikasi gelombang mikro secara global, berkembang dan menguntungkan yang melebihi harapan pelanggan.
Ø    STRATEGI ORGANISASI
Strategi adalah rencana organisasi untuk mencapai misinya.
Perusahaan dapat mencapi misinya dalam 3 cara:
         Diferensiasi
         Kepemimpinan Biaya
         Respon yang cepat



ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّٱلْعَٰلَمِين

Tidak ada komentar: