--> بِسْــــــــــــــــمِاﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Minggu, 22 Desember 2013

PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

1. Pengertian
PENELITIAN adalah
                Usaha/kegiatan untuk menciptakan, menemukan, dan memperbaiki produk-produk perusahaan agar lebih disukai konsumen
MACAMNYA:
¢  PURE RESEARCH yaitu penelitian murni yang memang ditujukan untuk pengembangan iptek
¢  APPLIED RESEARCH yaitu penelitian terapan yaitu penelitian guna menemukan solusi terhadap masalah kemanusiaan  sehari-hari.
BENTUKNYA
¢  PENELITIAN PRODUK yaitu usaha yang dilakukan untuk menciptakan dan memeperbaiki produk  yang ada agar lebih disukai konsumen
¢  PENELITIAN  PROSES yaitu usaha-usaha untuk perbaikan terhadap proses produksi
¢  PENELITIAN SERVIS MANAJEMEN yaitu usaha-usaha perbaikan /peningkatan tata kelola perusahaan
PENGEMBANGAN yaitu:
                Aplikasi penelitian untuk mendapatkan barang dan jasa yang layak (feasible) untuk diproduksi secara masal
TUJUAN PENELITIAN
    1. Memperbaiki produk/jasa yg sudah ada
    2. Menemukan  fungsi-fungsi baru bagi produk/jasa persh
    3. Mengembangkan berbagai produk/jasa baru
    4. Meningkatkan effisiensi
    5. Menemukan manfaat lain dari hasil sampingan produk (by product)
2. Sumber  Ide / gagasan
  1. Dari dalam perusahaan sendiri            mis: bagian Litbang
  2. Dari Luar perusahaan
  1. Membeli hak cipta (patent), Lisensi atau  Frenchising
  2. Meniru (Imitation)
  3. Reverse  Engineering
  4. Industrial Spionage
  5. Labour on fired
3. Product life cycle
4. Product Development Proces
  1. Pencarian ide/gagasan
  2. Seleksi produk
Ø  Potensi pasar
Ø  Kelayakan secara financial
Ø  Kesesuaian operasi dan produksi
c.     Prototyping (model)
Ø  Reabilitas
Ø  Maintain  ability
Ø  Aging of products
d.            Testing (pengujian)
Ø  Uji Teknis
Ø  Uji pasar
e.            Desain Akhir
Ø  Spesifikasi produk
Ø  Diagram-diagramnya
Ø  Spesifikasi bahan, dll
5. Kendala pengembangan produk
  1. Kurangnya ide/gagasan tentang produk baru
  2. Munculnya produk substitusi
  3. Biaya riset yang tinggi
  4. Kebijakan Pemerintah
  5. Kegagalan pasar
  6. Siklus kehidupan produk yg singkat
7. Desain Produk dan spesifikasi kwalitas
  1. MODULAR DESIGN yaitu pengembangan serangkaian komponen-komonen produk dasar yang dapat dirakit menjadi berbagai produk yg berbeda
b.            DIVERSIFIKASI
Ø  Div. KONSENTRIK yaitu usaha menambah produk baru yg mempunyai sinergi teknologi dan pemasaran dengan produk line yg sudah ada
Ø  Div. HORIZONTAL yaitu  usaha menmabah produk baru pada produk line yg sudah ada mis : cuci mobil dan salon mobil
Ø  Div. KONGLOMERASI yaitu penambahan produk baru diluar produk line yag sudah ada mis: cuci mobil dan rumah makan
c. STANDARISASI yaitu proses penentuan spesifikasi bentuk, ukuran, dan karakteristik lain pada barang yang dibuat
d. SIMPLIFIKASI yaitu penyederhanaan barang/jasa yg dibuat



ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّٱلْعَٰلَمِين

Tidak ada komentar: