·
Distribusi
Merupakan
perpindahan barang dan jasa dari produsen ke pemakai industry dan konsumen.
Distribusi fisik
Distribusi
fisik meliputi penetapan standar pelayanan, pemilihan model transportasi,
pendesainan dan poengoperasian fasilitas pergudangan, penanganan produk, dan
pengelolaan persediaan.
·
Standar
pelayanan konsumen
Standar
pelayanan merupakan tujuan yang spesifik dan harus dapat diukur, yang
ditetapkan perusahaan berkaitan dengan kegiatan distribusi fisik mereka.
·
Transportasi
Merupakan
sarana untuk pengiriman barang kepada konsumen dengan menggunakan angkutan
tertentu.
Hal-hal
yang dipertimbangkan dalam menentukan jenis transportasi yang digunakan :
o
Biaya
o
Kecepatan pengiriman
o
Jumlah lokasi yang dilayani
o
Jumlah produk
o
Daya tahan terhadap kerusakan dan penyusutan
o
Efisiensi penggunaan energy (bahan bakar)
·
Pergudangan
Pergudangan
berkaitan dengan kegiatan-kegiatan dalam distribusi fisik yang meliputi
penerimaan, penyimpanan, dan pengiriman.
·
Pemrosesan
pesanan
Merupakan
proses penerimaan pesanan dan persiapan pengiriman
·
Penanganan
bahan/produk
Penaganan
secara fisik suatu produk selama pengangkutan dan saat dikirim digudang
·
Pengelolaan
persediaan
Merupakan
proses dalam mengembangkan dan mempertahankan jumlah produk agar sesuai dengan
permintaan pelanggan
·
Distribusi
bidang jasa
Merupakan
pelayanan langsung kepada pelanggan tanpa melalui perantara, karena jasa
dihasilkan dan dikonsumsi pada saat yang bersamaan.
A.
SALURAN
DISTRIBUSI
Merupakan
jalur atau keseluruhan perantara pemasaran yang dilalui barang dan jasa dari
produsen ke pemakai industry maupun individu, termasuk didalamnya transportasi
dan pergudangan.
Jenis-jenis saluran distribusi
pribadi/individu dan industry.
o
System distribusi dilakukan secara langsung dari
produsen kekonsumen.
o
System distribusi dilakukan melalui pengecer
erlebih dahulu
o
System distribusi dilakukan melalui pengecer dan
pedagang besar.
o
System distribusi dilakukan melalui agen,
pedangang besar, pengecer.
o
System distribusi dilakukan secara langsung
kepemakai industry
o
System distribusi dilakukan melalui pedagang
besar kepemakai industry
B.
MANFAAT
PERANTARA PEMASARAN
Ø
Manfaat waktu
Ø
Manfaat tempat
Ø
Manfaat kepemilikan
Kategori
pengecer
Ø
Departemen
store
Toko
pengecer besar yang dikelola menjadi departemen-departemen terpisah, seperti
peralatan rumah tangga, peralatan olahraga, dlsb, dan menawarkan suatu lini
pelayanan penuh dan bauran produk.
Ø
Discount
stores
Toko
penecer yang menawarkan berbagai macam barang dagangan pada harga yang rendah
dan dengan pelayanan mimimum.
Ø
Specialty
stores
Toko
pengecer yang hanya menawarkan lini produk tertentu
Ø
Supermarket
Toko
pengecer besar dengan system swalayan yang menyediakan berbagai macam bahan
makanan dan sejumlah nonmakanan… hero
Ø
Hypermarkets
Toko
pengecer yang menggabungkan supermarket dengan discount stores.
Ø
Convenience
stores
Toko
pengecer kecil yang berlokasi ditempat yang nyaman dan dibuka untuk waktu yang
lama, dan jumlahnya terbatas.
Ø
Catalog
stores
Toko
yang menyediakan persediaan dalam jumlah banyak, dimana pembeli bisa memperoleh
informasi produk dari katalok yang dikirimkan kepada konsumen.
Ø
Chain
stores.
Satu
dari dua atau lebih yang sama yang dimiliki oleh perusahaan yang sama.
C.
STRATEGI
DISTRIBUSI ECERAN.
Ø
Strategi
distribusi intensif
Jika
didaerah yang sama suatu perusahaan menempatkan produknya dibanyak tempat.
Ø
Strategi
distribusi selektif
Strategi
distribusi yang dilakukan secara selektif, artinya disuatu daerah pemasaran
tertentu hanya dipilih beberapa distributor jasa.
Ø
Strategi
distribusi eksklusif
Apabila
disuatu daerah pemasaran tertentu hanya terdapat satu atau dua distributor.
Nonstore retailing
Merupakan
penjualan tanpa toko.
Beberapa system yang temasuk Nonstore
retailing
Ø
Telemarketing
Merupakan
system pemasaran jarak jauh, dimana konsumen dan produsen berinteraksi secara
tidak langsung menggunakan media-media komunikasi yang ada.
Ø
Vending machines
Merupakan
pelayanan menggunakan mesin, biasanya dengan system swalayan….. konsumen bisa
mendapatkan berbagai produk yang diinginkan dengan memasukkan koin kedalam dan
produk yang diinginkan akan keluar sendiri dari mesin.
Ø
Door-to-door sales
Mengguanakan
tenaga penjualan untuk mendatangi konsumen dari rumah kerumah.
Ø
Mail-order- retailers
Memanfaatkan
jasa layanan pos dengan menerima pesanan
via surat dan melakukan pengiriman barang via pos.
Ø
Home shopping network.
Yaitu
penggunaan jaringan internet utnuk mempromosikan keberadaan produk kepada
konsumen, menerima pesanan dan memberikan layanan informasi.
D.
PROMOSI
|
Tujuan promosi
Ø
Memberikan informasi
Ø
Meningkatkan penjualan
Ø
Menstabilkan penjualan
Ø
Memposisikan produk
Ø
Membentuk citra produk
Bauran promosi
Merupakan
berbagai cara yang ditempuh perusahaan dalam usaha memberikan informasi tentang
produk dan jasa perusahaan untuk mempengaruhi konsumen potensial agar melakukan
pembelian, dan unuk membuat konsumen tetap ingat atau setia kepada produk yang
ditawarkan perusahaan.
Bauran promosi terdiri dari:
v
Iklan
Merupakan
komunikasi nonpersonal dari perusahan kepada konsumen melalui berbagai media.
Iklan dapat dikategorikan menjadi:
o Retail
advertising
Merupakan
iklan yang dilakukan oleh produsen utnuk mempengaruhi konsumen akhir.
o Trade
advertising
Merupakan
iklan yang dilakukan oleh produsen untuk mempengaruhi perantara pemasaran,
pedagang besar, dan pengecer.
o Industrial
adbertising
Merupakan
iklan yang dilakukan oleh produsen utnuk mempengaruhi produsen lain yang
mungkin menggunakan produknya.
o Institusional
advertising
Yaitu
periklanan yang ditujukan bukan untuk menjual produk, namun lebih untuk
memperkenalkan institusi atau organisasi perusahaannya.
v
Personal
selling (penjualan personal)
Merupakan
komunikasi tatap muka langsung untuk mempromosikan barang dan jasa, menemukan
prospek penjualan, dan memberikan pelayanan pasca penjulan
Tiga karakteristik khusus penjualan
personal :
o Melibatkan
hubungan yang hidup, cepat, dan interaktif antara dua orang atau lebih.
o Memungkinkan
semua jenis hubungan berkembang menjadi lebih
mendalam sehingga meningkatkan minat pelanggan, dan
o Membuat
pembeli merasa berkewajiban untuk mendengarkan waraniaga dan memberikan respon
balik.
Langkah-langkah dalam penjualan personal:
o Prospect
and quality
Mengidentifikasi
pelanggan potensial, yaitu konsuman yang mempunyai kebutuhan akan produk
perushaan, mampu secara financial, dan bersedia melakukan pembelian.
o Pre
approach
Berusaha
menemukan apa yang dibutuhkan oleh calon pelanggan, sikapnya terhadap produk
dan merek yang ada, karakteristik individu, dan produk dan merek yang telah
digunakan.
o Approach
Malakukan
kontak pendahuluan, untuk memberikan kesan awal yang baik diperlukan kesiapan
dan pengetahuan yang memadai
o Make
presentation
Melakukan
presentasi, menonjolkan keistimewaan produk disbanding pesaing, tampilan dan
manfaat.
o Answer
objections
Menjawab
pertanyaan yang diajukan, kemuakakan bentuk pelayanan tambahan dan jaminan yang
ditawarkna
o Close
sale
Mengajukan
penawaran kepada pelanggan untuk melakukan pembelian.
o Follow
up
Tetap
memelihara hubungan dengan pelanggan
untuk menjamin produk telah diterima, dan menyediakan pelayanan purna jual.
v
Promosi
dari mulut kemulut
Terjadi
jika konsumen membicarakan tentang suatu produk, baik sisi negative maupun
positifnya.
Hal-hal
yang perlu dilakukan perusahaan Untuk mengurangi efek negative dari promosi
mulut.
·
Menumbuhkan cerita yang positif dengan membuat
hal yang biasa menjadi tidak biasa.
·
Melonggarkan kebijakan pengembalian produk,
periksa produk sebeum meninggalkan pabrik, gudang, atau toko.
·
Memberikan pelayanan yang lebih dibandingkan
dengan apa yang diharapkan konsumen.
·
Mendengarkan kebutuhan konsumen dan membantu
mereka menyelesaikan masalah.
·
Memperhatikan lingkaran pengaruh promosi dari
mulut kemulut.
v
Publick
relations/hubungan masyarakat.
Merupakan
fungsi manajemen untuk menjaga hubungan baik produsen dengan konsumen.
v
publisitas
merupakan
segala bentuk informasi, produk organisasi yang mengalir kemasyarakat melalui
mass media tanpa membayar dan diluar control sponsor.
Fungsi publisitas
·
Menumbuhkan kesadaran konsumen akan produk
perusahaan.
·
Membentuk citra positif
·
Mendapatkan pengakuan atas karyawan dan prestasi
mereka
·
Mendorong orang-orang untuk berpartisipasi dalam
proyek-proyek kemasyarakatan, atau pada saat tertentu untuk melawan
pemberitaan-pemberitaan yang negative.
v
Promosi
penjualan
Merupakan
usaha untuk mempengaruhi konsumen dan pihak lain melalui
aktivitas-aktivitas jangka pendek,
misalnya pameran, dan pemberian contoh produk.
·
Untuk
konsumen
Kupon
diskon, rabat, sampel gratis, hadiah, kupon untuk ditukar dengan hadiah,
kontes, undian berhadiah.
·
Untuk
perantara pemasaran
Gerobak/outlet
untuk berjualan (point-of-purchase displays), pinjaman, pameran dagang, kontes,
dan premium (kompensasi tambahan)
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّٱلْعَٰلَمِين
Tidak ada komentar:
Posting Komentar